Wednesday, February 3, 2010

Two point O

Belakangan ini disamping blogging, facebook sudah demikian ngetopnya, dan yang menarik kalau dulu di era friendsters pengguna awalnya adalah teenagers belakangan sudah merambah ke ibu rumah tangga bahkan orang tua (seniors). Teknologi menjadi aspek yang tak lagi dominan , yang terlihat adalah usability, alias betapa pengalaman pengguna diperkaya fitur maupun interaksi yang dimungkinkan oleh facebook.

Tapi pengalaman saya dengan kultur inovasi baru ini tak harus berhenti sampai ikut menjadi facebookers saja, belakangan saya sedang gandrung dengan satu web apps yang namanya basecamp, aplikasi ini bermanfaat u mendukung manajemen proyek, yang belakangan saya dengar sempat digunakan Tim Kampanye Obama.

Dibalik itu semua ada kultur teknologi yang namanya Web 2.0. Saya sebut kultur bukan sekedar teknologi itu sendiri, karena bahkan mbah nya internet menganggap aplikasi ini sebagai haram jaddah inovasi internet.  Tak ada standar baru yang dilahirkan untuk mendukung konstruksi jargon Web 2.0, yang terjadi adalah pengalaman serta itikad kolektif banyak pihak untuk berinovasi dengan cara baru.

Yang menarik dari dimungkinkannya kolaborasi adalah terakumulasinya pengetahuan kolektif (collective intelligence), juga aspek tumbuhnya komunitas pengakses layanan ini tidak lahir sebagai buah pemasaran konvensional seperti iklan, namun lebih karena viral marketing yang terjadi karena menjalarnya rekomendasi antara satu user ke user yang lain. Dan lebih dahsyat lagi proses pembuatan aplikasi ini lahir juga karena kerja bareng dalam format peer production.

Dahsyatnya Web 2.0 belakangan dibantu dengan bergeraknya evolusi 3G mobile technology, juga handset technology. iPhone, Blackberry, juga Android yang belakangan muncul lebih dirasakan manfaatnya dengan hadirnya beragam aplikasi Web 2.0. Konsumen menuntut Smart Phone tak lagi sebagai gadget para pebisnis, kini Blackberry telah jadi genggaman abg.

Industri  bergerak kearah baru, dimana kolaborasi dan pemanfaatan Platform Web akan mewarnai lahirnya trend trend baru kedepan.

No comments:

Post a Comment