Tuesday, February 9, 2010

filosofi zillij

Mozaik yang menjadi ciri khas arab berkembang di berbagai belahan dunia, ornamen geometris islami yang di kenal sebagai zillij di maroko ini menjadi ciri berkembangnya seni islam. Tak hanya di arab, eropa, maghribi, persia, india, cina, bahkan sampai juga di Indonesia yang konon dimanifestasikan dalam pola repetisi di seni membatik. Keunikan dari bentukan desain ini adalah ciri mozaiknya, dimana bentukan yang kompleks lahir dari kepingan sederhana yang berulang.

Secara historis kelahiran mozaik merupakan antithesis budaya fetishism yaitu pemujaan terhadap berhala, tubuh dan mahluk, paham yang di kritik oleh syariah. Mozaik yang mampu mengekspresikan keindahan tanpa mentransmisikan nafsu badaniyah (bahkan haywaniyah) menghiasi berbagai medium termasuk arsitektur, perkakas, kriya, mode, bahkan batu nisan.

Secara filosofis zillij adalah manifestasi semangat KeTuhanan. Misalnya keberadaan titik pusat mozaik yang sering berupa bintang sisi delapan ditengah merupakan simbolisasi eksistensi Tuhan sebagai awal dari segala sesuatu, alurnya yang kemudian berulang dari tengah keluar adalah Wujud proses penciptaan Alam Semesta dimana berasal dari Tuhan. Dan Tuhan menciptakan alam semesta ini dengan penuh keteraturan, inilah fenomena zillij yang lain dimana keteraturannya dapat dimodelkan dalam permodelan matematika yang mutakhir melampaui zamannya

Ornamentasi yang berulang sampai jumlah yang banyak bahkan sampai Tak terhingga lagi lagi merupakan clue akan Sifat Tuhan yang tak hingganya meliputi segala sesuatu. Dan impresi puncak dari wujud ornamen geometris islami ini adalah Keindahan yang terlihat ketika oramen membentuk bentukan yang sempurna dari kepingan yang subtil.

Tuhan menciptakan Alam, ciptaan yang kompleks namun beraturan.
Disempurnakannya sehingga mewujud menjadi keindahan

2 comments:

  1. memang inilah sisi lain dari arsitektur islami...
    keindahannya tidak terhingga, dan masih membutuhkan banyak pengkajian...
    karena:
    "Keindahan hanya milik Allah SWT."

    ReplyDelete
  2. 'The process has not varied for one millennium though conception and design has started using new technologies such as data processing".(Zellige craftmanship WIKIPEDIA/zellige)

    http://www.articlesnatch.com/Article/...

    We have discovered new techniques in processing zillij.My techniques are simple and dont require any particular expertise and results in quicker production and a smoother, lighter table top or panel as no concrete or iron are required. Furmah ,hand cut from any ready made tiles (7 to 8 mm thk) ,we prefer low sheen floor tiles (rustic or monochromatic color)
    Anybody can create zillij mosaic !!!
    Learn more about our mosaic at http://moroccandesign.com/moroccan-mo...

    http://www.flickr.com/photos/turangan/
    http://www.youtube.com/watch?v=cJfM1N...

    ReplyDelete