Thursday, January 28, 2010

Dream on !

Semalam menantikan press release apple tahun ini, di mac rumors site waktu masih sejam lima belas menit lagi, tak terasa peraduanlah jadi labuhan. Terbangun pagi akhirnya tampil juga inovasi mutakhir besutan apple bermerek iPad . Setelah belum sebulan menyaksikan Google melahirkan NexusOne, saya dibuat ternganga dengan produk yang demikian anehnya, too good to be true.

Saya termenung kok bisa negara seperti US melahirkan begitu banyak brand, dan inovasi. Ditengah kritik yang menerpa ekonominya, negara adidaya ini tak henti mengejutkan kita dengan kelahiran ide-ide segar dalam wujud beragam produk komersial. Konon kebangkitn korporasi di sana dikarenakan karena investasi demikian besar dari bangsa itu dalam satu modalitas hidup yang namanya demokrasi.

Sementara di depan kantor  ratusan orang berteriak teriak masih sibuk memperebutkan ruang politik pasca pemilu, demokrasi yang seharusnya menumbuhkan kebebasan berpikir melancarkan arus deras gagasan kok malah menjadi elemen distorsi yang paling kuat mengalihkan kita dari laju upaya menciptakan kemakmuran.

Saya termasuk berbahagia menyaksikan media dan kelompok2 strategis di masyarakat demikian bebasnya, namun amat disayangkan jika energi dan kesempatan ini di anulir dengan kacaunya tata kelola. Ruang hukum sebagai gelanggang penuntasan silang sengketa dibuyarkan dan di gantikan oleh gelanggang politik yang vested.

Kesenjangan antara demokrasi, kebebasan dan kemakmuran demikian mengganggu dan mengusik pikiran....

No comments:

Post a Comment