Saturday, April 3, 2010

ingat ingat lagi

Sudah lama lupa perlu diingat-ingat lagi. Setelah produk terdahulu mendapatkan pesanan dan siap diproduksi belakangan dapat ide lagi mengembangkan komoditas untuk masuk untapped market, namun masuk tidak dengan mengapalkan komoditas, ada keinginan untuk mengembangkan kapasitas pemasaran dan produksi, memberi sentuhan untuk menambah value.

Pertama kali dengar betapa rendahnya derajat komoditas justru ketika mengikuti sebuah seminar pemasaran, ya pemasaran jadi alat value addition, nah setelah komoditasnya saya tahu sayapun akan melakukan sampling dan test; pertama adalah test penggunaan menjadi konsumen yang mengkonsumsi produk itu, mempelajari kualitas dan sourcingnya, sambil melihat aktivitas produksi yang relevan.

Saya selanjutnya berencana mau menangkap nilai nilai apa yang dirasakan sebagai benefit yang unik dirasakan oleh konsumen, tentu saya tak memiliki sensitifitas itu karena saya bukanlah konsumen tradisional dari komoditas ini. Saya harus mengajak beberpa responden saya untuk melakukan test and response.

Selanjutnya saya ingin menerjemahkan inspirasi nilai nilai itu menjadi atribut brand, saya akan mengembangkan merek, kemasan, dan berbagai aspek komunikasi untuk memperkuat appearance dari produk ini. Disamping itu sebelumnya saya ingin mendefinisikan dulu strategi pricing, dan berbagai aspek marketing lainnya.

Adakah yang terlewat? , oh ya saya akan melakukan survey online, karena pasar saya nun jauh disana tentu http://www.surveymonkey.com/ adalah pilihan paling efisien, karena belum pernah mencobanya tentu efektifitas menjadi pertanyaan besar. Hasil survey ini saya akan manfaatkan untuk memperbaiki hipotesis strategi pemasaran yang sudah lebih dulu dibuat.

Ups satu hal lagi yang saya lupa , financial plan harus dibuat diawal; dan disempurnakan seiring pengembangan produk, dan aktivitas perencanaan pemasaran saya lakukan.

sudahlah, saya mulai saja dengan Bismillah....................

No comments:

Post a Comment