Saturday, March 20, 2010

Tufte on Obama

Semalam saya sempat nonton infographics yang amat impresif di youtube obama channel,  ternyata ada infographics guru di belakang presiden AS itu. Ya Obama merekrut Edward Tufte masuk dalam tim penasihatnya, tugasnya simple yaitu mengkomunikasikan kebijakan Obama secara obyektif menggunakan data data statistik ke kalangan masyarakat AS.

Lalu bermunculanlah berbagai animated in fographics tersebut, sangat impresif data yang sedemikian kompleks pun tampil membuat berbagai ide tentang kebijakan ekonomi, undang undang kesehatan dan banyak inisiatif pemerintah menjadi digestable.

Tentu strategi ini agak sedikit lebih maju ketimbang sekedar menggunakan lobby, dan berbagai maneuver politik klasik hingga upaya facelift tampilan image. Pemerintah dituntut sedemikian cerdasnya untuk berbicara pada publik, mengatasi kerumitan dan stands out ditengah noise dan distorsi.

Upaya pemerintahan yang cerdas mendidik masyarakat dengan obyektifikasi sebuah kebijakan melalui media dan teknik kreatif tentu layak juga dipakai disini.

No comments:

Post a Comment