Wednesday, March 31, 2010

Alumni Google

Google nggak cuma jadi perusahaan inovatif, namun eksistensinya juga ikut membantu perusahaan teknologi baru dengan melahirkan gelombang inovasi melalui para alumninya. Banyak karyawannya yang memang hidup dalam exposure inovasi yang radikal kemudian berhimpun menjadi angel investor, bahkan entrepreneur aktif. Riset YouNoodle yang dikutip Bloomberg Businessweek mencatat tak kurang 40 karyawan google yang berinvestasi di startup sejak 2005.

Misalnya saja Biz Stone , usianya barulah 35 Tahun (seperti saya hehehehe) namun jabatan Specialist nya (seperti saya ketika di QTel hehehe) meloncat menjadi milliuner dalam beberapa tahun setelah twitter yang di buatnya kemudian 'meledak'. Atau Aydin Senkut pemilik Felicis Ventures punya belasan startup  yang sudah sold out.

Uang bukan sekedar value preposition para alumni google, lebih daripada itu pengetahuan, pengalaman dan passion mereka menjadi daya hidup yang penting bagi startup untuk survive di awal pertumbuhannya.

Ditengah krisis di US, Google sebuah pabrik inovasi masih sempat sempatnya menelurkan anak cucu kewirausahaan baru, model begini perlu dijadikan bahan baku mimpi kita kita para kuli kantoran.

No comments:

Post a Comment