Monday, March 15, 2010

Statistic 2.0

Indonesia sudah bertengger di posisi nomer 3 pengakses Facebook di Dunia dengan 20 Juta Facebookers, sementara untuk wordpress Jakarta jadi kota dengan pengakses situs blogging itu terbanyak sejagat, di indonesia sendiri ada 6 Juta pengakses blogger. Pertumbuhan facebookers Indonesia konon tertinggi di dunia.

Konsumen Web 2.0 Indonesia ini di dorong oleh pertumbuhan pengguna layanan seluler yang merangkak mendekati angka 200 juta, pengguna BB yang sudah 1 Juta dan Broadband mencapai 300 ribu . Adanya always on internet, baik broadband unlimited, akses di lokasi kerja dan cable membuat gaya hidup online tumbuh. Kurva pertumbuhan model 'stik golf' sudah sedemikian nyata terlihat mirip apa yang kita saksikan di era awal booming mobile, SMS dan RBT.

Melihat posting yang masuk baik di page fb maupun group terlihat bahwa  fb apps dan online shoping mendominasi wall dan inbox, channeling bagi prilaku narsistik yang sebelumnya banyak mewarnai facebook dan kini berpindah mendorong pertumbuhan di twitter.

Indonesia menjadi konsumen social networking yang tumbuh pesat, namun sayang amat jarang konten dan partisipasi yang bisa memanfaatkan fenomena ini. Pengambil porsi terbesar sayangnya masih para pemain asing. Lagi lagi kita hanya menjadi kantong konsumen besar dunia.

No comments:

Post a Comment